Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

LAPORAN KPL UPT PELATIHAN KERJA PASURUAN

LAPORAN KPL
UPTPK PASURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
UNIVERSITAS NEGERI MALANG



Mahasiswa praktik yang mengambil konsentrasi manajemen pelatihan melakukan kegiatan KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) di lembaga atau balai latihan, hal itu dilakukan agar menambah pengetahuan mahasiswa dalam dunia pelatihan pada suatu lembaga atau instansi. Kerja Praktik (magang) adalah suatu kegiatan pembelajaran di lapangan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam dunia kerja nyata (Suharyanti, Chandra, dkk. 2015). Seperti halnya pada mahasiswa praktikan yang melaksanakan KPL di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan. Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 21 Agustus 2017 sampai dengan 27 Oktober 2017 yang dilaksanakan secara bersama-sama secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 – 4 orang. Dalam kegiatan manajerial, mahasiswa KPL berkontribusi dan ikut melaksanakan secara langsung kegiatan yang ada di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan. Mulai dari perekruitan atau pendafatran oleh peserta, seleksi masuk, praktek pembelajaran sampai dengan tahap penutupan pelatihan.
Pelatihan merupakan suatua kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa latih  yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Kalimat tersebut selaras dengan pendapat hasibuan (2001: 68) bahwa pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang mengangkat proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu relatif singkat dengan metode yang lebih praktis dari teori. Dengan demikian melalui program pelatihan diharapkan potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserat didik dapat tingkatkan dan dikembangkan serta mempunyai kompetensi saing yang lebih tinggi.
Pelaksanaan program pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan menyediakan 14 kejuruan pelatihan yang salah satunya diikuti oleh mahasiswa KPL yaitu program pelatihan kejuruan mesin bubut. Pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan berbasis kompetensi yang bertujuan unutk memepersipakan tenaga kerja yan sesuai dengan kebutuhan perusahan atau pun untuk bersaing dalam hal berswirausaha mandiri.
Selama melakukan kegiatan pengkajian kegiatan lapangan pada tempat KPL pada UPT Pelatihan Kerja Pasuruan mahasiswa praktikan mempelajari tentang manajemen di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan dan mempelajari tentang pelaksanaan kegiatan pelatihan yang ada di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan seperti pada kegiatan pelatihan kejuruan teknologi mekanik pada sub kejuruan mesin bubut secara mendalam mulai dari perekruitan siswa latih hingga evaluasi pelatihan sampai dengan penutupan yang telah dilaksanakan oleh UPT Pelatihan Kerja Pasuruan.
Kegiatan KPL yang dilakukan oleh mahasiswa di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan pada pelatihan kejuruan teknologi mekanik pada sub kejuruan mesin bubut. Diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama kuliah, menambah kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam kegiatan pelatihan mulai dari perencanaan, pelaksaanaan sampai dengan evaluasi pelatihan yang ada di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan sehingga diharapkan nantinya menambah pengalaman di bidang pelatihan dalam hal ini pada lembaga pelatihan.

*UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN KLIK Disini...
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...