Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Rancangan Kegiatan Bonca (Outbound Ceria) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Program Kesetaraan


RANCANGAN KEGIATAN
Bonca (Outbound Ceria) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Program Kesetaraan di PKBM Zam-Zam



A.    Latar Belakang
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Zam-Zam berlokasi di Jalan Cakalang no. 209a, Kelurahan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. PKBM Zamzam mulai dirintis pada tahun 2005 oleh Bapak Abdillah Hanafi, beliau merupakan alumni PLS UM dan pernah menjadi dosen PLS UM. Selama ini beliau sudah pernah menangani program PLS, seperti: Pendidikan kesetaraan, pendidikan kecakapan hidup, keaksaraan fungsional, TBM, dan program-program PLS lainnnya. Dengan kegigihan Bapak Abdillah Hanafi mengelola PKBM ZAM-ZAM, program kesetaraan kejar paket C mendapat akreditasi B, dan Program PAUD mendapat akreditasi A.
Pada program kesetaraan paket A, B, dan C terdapat beberapa kendala-kendala yang diakibatkan oleh warga belajar dan tutor PKBM Zamzam sendiri. Kendala-kendala inilah yang mengakibatkan kurang aktif dan efektifnya proses pembelajaran yang ada di PKBM Zamzam. Baik Warga Belajar (WB) ataupun Tutornya masih banyak yang miss comunication saat masuk belajar. Ada tutornya, tapi warga belajarnya tidak ada ataupun sebaliknya. Karena itulah banyak warga belajar yang tidak secara rutin menghadiri proses pembelajaran.

B.     Kebutuhan Sasaran
Sasaran dalam program BONCA adalah para tutor dan warga belajar PKBM Zamzam.



.... untuk dapat melihat secara keseluruhan tersebut dapat di download disini.

Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...