Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Kisi-kisi Instrumen Pengembangan Media Belajar PAUD


Kisi-Kisi Pengembangan Media Belajar Bagi Guru PAUD Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial-Emosioal Anak Usia 5-6 Tahun

A.    Latar Belakang
Salah satu upaya agar pesan/informasi itu dapat diterima dengan mudah adalah dengan menggunakan media. Media adalah segala sesuatu yang dapat membantu menyalurkan pesan/isi dari pengirim kepada penerima. Dalam konten ini media yang dimaksud berupa media pembelajaran, yaitu media yang digunakan untuk menyalurkan atau menyampaikan makna/isi materi dalam proses pembelajaran. Sama halnya dengan metode pembelajaran, media pembelajaran juga merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini dikarenakan menggunakan media pembelajaran akan lebih mempermudah anak didik untuk mengartikan informasi/pesan yang sesungguhnya akan disampaikan.

Namun kaitannya dengan hal ini media pembelajaran yang digunakan dapat juga dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan juga kebutuhan akan materi yang disampaikan. Maksudnya dalam mengembangkan media itu juga perlu memerhatikan prinsip juga tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Media pembelajaran perlu dikembangkan dikarenakan untuk memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran agar lebih efektif dan efesien lagi dalam proses pembelajaran maka hal itu diperlukan. Penggunaan media pembelajaran baik yang sudah dikembangkan atau belum pasti memiliki pengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak, akan tetapi penggunaan media yg sudah dikembangkan akan lebih meningkatkan tingkat kercedasan anak hal ini dikarenakan adanya prinsip efensiensi dan dan efektivitas dalam mengembangkan media tersebut. Maka dari itu sebagai pendidik/guru PAUD perlu halnya untuk mampu memiliki ketermpilan dalam membuat dan menyiapkan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, lebih baik lagi jika guru PAUD juga bisa mengembangkan media belajar tersebut. Pada dasarnya guru PAUD itu sendirilah yang mengetahui karakteristik dan kebutuhan belajar seperti apa yang sesuai dengan kondisi anak didiknya, sehingga dia juga seharusnya yang tahu cara mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan.

Adapun dalam hal ini lebih menitik fokuskan pada pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun. Usia anak pun juga mempengaruhi tugas perkambangan maka dari itu  yang lebih diutamakan dalam hal adalah anak usia 5-6 tahun. Dalam hal ini apakah media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun membantu tugas perkambangan meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak.
B.     Tujuan
Adapun tujuan menggali data ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media belajar anak PAUD usia 5-6 tahun, mendeskripsikan penerapan media belajar dalam mencerdaskan sosial emosional anak usia 5-6 tahun
C.    Sasaran
Pada intinya yang menjadi sasaran dalam pelaksaan kegiatan ini adalah guru PAUD. Namun juga bisa menjadikan pengelola lembaga PAUD sebagai sasaran pendukung.
D.    Waktu
Waktu untuk melaksanakan penggalian data ini selama 1 hari yakni hari senin 11 september 2017.
E.     Lokasi
Lokasi yang dijadikan sasaran dalam penggalian data ini adalah PAUD di PKBM Melati Jayagiri dan PAUD di PKBM Kinanti.
F.     Output
Dalam kegiatan output yang diharapkan adalah data tentang media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran.

 Klik disini untuk melihat kisi-kisi instrumen secara keseluruhan


Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...