Kisi-Kisi
Pengembangan Media Belajar Bagi Guru PAUD Dalam Meningkatkan Kecerdasan
Sosial-Emosioal Anak Usia 5-6 Tahun
A. Latar Belakang
Salah
satu upaya agar pesan/informasi itu dapat diterima dengan mudah adalah dengan
menggunakan media. Media adalah segala sesuatu yang dapat membantu menyalurkan
pesan/isi dari pengirim kepada penerima. Dalam konten ini media yang dimaksud
berupa media pembelajaran, yaitu media yang digunakan untuk menyalurkan atau
menyampaikan makna/isi materi dalam proses pembelajaran. Sama halnya dengan
metode pembelajaran, media pembelajaran juga merupakan unsur penting dalam
proses pembelajaran. Dalam hal ini dikarenakan menggunakan media pembelajaran
akan lebih mempermudah anak didik untuk mengartikan informasi/pesan yang sesungguhnya
akan disampaikan.
Namun
kaitannya dengan hal ini media pembelajaran yang digunakan dapat juga
dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan juga kebutuhan akan materi yang
disampaikan. Maksudnya dalam mengembangkan media itu juga perlu memerhatikan prinsip
juga tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Media pembelajaran perlu
dikembangkan dikarenakan untuk memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran agar
lebih efektif dan efesien lagi dalam proses pembelajaran maka hal itu
diperlukan. Penggunaan media pembelajaran baik yang sudah dikembangkan atau
belum pasti memiliki pengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak, akan tetapi
penggunaan media yg sudah dikembangkan akan lebih meningkatkan tingkat
kercedasan anak hal ini dikarenakan adanya prinsip efensiensi dan dan
efektivitas dalam mengembangkan media tersebut. Maka dari itu sebagai
pendidik/guru PAUD perlu halnya untuk mampu memiliki ketermpilan dalam membuat
dan menyiapkan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, lebih baik
lagi jika guru PAUD juga bisa mengembangkan media belajar tersebut. Pada
dasarnya guru PAUD itu sendirilah yang mengetahui karakteristik dan kebutuhan
belajar seperti apa yang sesuai dengan kondisi anak didiknya, sehingga dia juga
seharusnya yang tahu cara mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan.
Adapun
dalam hal ini lebih menitik fokuskan pada pengembangan media pembelajaran dalam
meningkatkan kecerdasan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun. Usia anak pun
juga mempengaruhi tugas perkambangan maka dari itu yang lebih diutamakan dalam hal adalah anak
usia 5-6 tahun. Dalam hal ini apakah media yang digunakan guru dalam proses
pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun membantu tugas perkambangan meningkatkan
kecerdasan sosial-emosional anak.
B. Tujuan
Adapun
tujuan menggali data ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media belajar
anak PAUD usia 5-6 tahun, mendeskripsikan penerapan media belajar dalam
mencerdaskan sosial emosional anak usia 5-6 tahun
C. Sasaran
Pada
intinya yang menjadi sasaran dalam pelaksaan kegiatan ini adalah guru PAUD.
Namun juga bisa menjadikan pengelola lembaga PAUD sebagai sasaran pendukung.
D. Waktu
Waktu
untuk melaksanakan penggalian data ini selama 1 hari yakni hari senin 11
september 2017.
E. Lokasi
Lokasi
yang dijadikan sasaran dalam penggalian data ini adalah PAUD di PKBM Melati
Jayagiri dan PAUD di PKBM Kinanti.
F. Output
Dalam kegiatan output
yang diharapkan adalah data tentang media pembelajaran apa saja yang digunakan
dalam proses pembelajaran.Klik disini untuk melihat kisi-kisi instrumen secara keseluruhan
No comments:
Post a Comment