Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

MAKALAH: METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Tujuan pembelajaran bukanlah penguasaan materi pelajaran, akan tetapi  proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai (Sanjaya 2008: 215). Pencapaian tujuan pembelajran merupakan out put/ out come dari sistem yang berjalan. Dalam sebuah sistem tentu ada input-proses-output. Pemebalajaran berada pada posisi tengah yaitu pada proses. Keberlangsunngan proses sangat dipengaruhi oleh input yang masukan. Sehingga out put sesuai dengan apa yang diharapkan. Proses akan berjalan lancar apabila didukung dengan pengetahuan dan komponen-komponen yang memadai. Banyak pengajar yang dalam melaksanakan belajar mengajarnya tidak bisa mencapai tujuan/kompetensi yang ditentukan.
Penyebabnya adalah pemebelajaran tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik inginnya “begini pendidik melakukan begitu”tidak ada sinergitas antara pendidik dan peserta didik. Karakteristik siswa merupakan salah satu faktor penyebab efektif dan tidaknya pembelajaran. Dalam pembelajaran kita mengenal istilah metode pembelajaran. Metode pembelajaran tutorial itulah yang menjadi fokus pembahasan dalam makalah ini. Karena itu merupakan komponen yang sangat mendukung untuk memahami karakteristik peserta didik demi tercapainya tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran akan berjalan efektif jika pendidik  paham dan mengetahui dan memahami metode pembelajaran terutama metode pemebalajaran tutorial. Metode pembelajarn tutorial ini merupakan salah satu metode yang akan digunakan dan mendukung terhadap  pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dan karakteristik peserta didik. Kami berharap pembahasan ini akan bermanfaat bagi kelompok kami khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.





B.     Rumusan masalah
Dari uraian di atas dapat kami rumuskan permasalahan yang akan menjadi pembahasan dalam makalah ini diantaranya.
1.      Pengertian Metode Pembelajaran
2.      Bagaimana  Metode Pembelajaran Tutorial
3.      Apasaja ciri-ciri Metode Pembelajaran Tutorial.
4.      ImplementasiMetode Tutorial dalamPembelajaran Non Formal

C.     Tujuan
Tujuan pembahasan dalam makalah ini yaitu.
1.      Untuk mengetahui arti dari Metode Pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui defini metode pembelajarn tutorial.
3.      Untuk mengetahui ciri-ciri dan langkah-langkah metode pembelajarn tutorial.
4.      UntukmengetahuiImplementasiMetode Tutorial dalamPembelajaran Non Formal





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengetian Metode Pembelajaran
Secara umum metode diartikan sebagai cara melakukan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem unutk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentuakan. metode juga diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mewujudkan atau mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Menurut purwadarminta (siti asmah, 2005:43) metode adalah cara yang telah teratur dan terfikir baik-baik unutk mencapai suatu maksud. Dengan demikian dalam menyampaikan suatu bahan belajar kita harus memilih dan menentukan suatu metode yang tepat agar pesan atau bahan belajar yang hendak kita sampaikan dapat mencapai tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien.
Pembelajaran diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik belajar (Moedzakir, 2010:78). Dari sisni jelas tugas pendidik sebenarnya hanya membantu atau menggiring peserta didik untuk betul-betul melakukan kegiatan belajar atas dasar kemauan dan kesadaran diri. Menurut direktorat pendidikan masyrakat (depdikbud) pembelajaran adalah mmebuat seseorang mau dan gemar belajar terus-menerus dan gemar sepanjang hayatnya serta mampu menerapkan apa yang diperolehnya melalui belajar ke dalam kehidupannya dan unutk sumber penghidupannya (Siti Asmah, 2005)
Metode pembelajaran secara khusus dapat diartikan sebagai cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta  berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi proses  pembelajaran pada diri pembelajaran (Saripun, 2015). (Gintings, Abdorrakhman. 2008:42) Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru, sehingga dalam menjalankan fungsinya, metode merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi, Metode pembelajaran adalah suatu cara yang dilakukan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

B.     Pengertian Metode Tutorials
Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), tutorial adalah pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (tutor) untuk seorang peserta didik. Metode tutorial adalah metode pembelajaran dengan mana seorang pendidik memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik secara individual.
Keunggulan metode tutorial adalah, peserta didik memperoleh pelayanan  pembelajaran secara individual sehingga permasalahan spesifik yang dihadapinya dapat dilayani secara spesifik pula, seorang peserta didik dapat  belajar dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuannya tanpa harus dipengaruhi oleh kecepatan belajar peserta didik yang lain. Sedangkan kelemahannya adalah, memerlukan waktu yang lama karena guru harus melayani peserta didik dalam jumlah banyak, memerlukan kesabaran dan keluasan pemahaman guru tentang materi yang dipelajari siswa.

C.     Ciri-ciri Metode Pemebelajaran Tutotrial
Suhito (1984: 64) menjelaskan bahwa dalam model pembelajaran tutorial terdapat ciri-ciri yang menjadi kekhasan dari model pembelajaran tutorial. Ciri-ciri itu antara lain sebagai berikut:

1.      Tujuan pengajaran dari metode pembelajaran tutorial adalah memeberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk mengembangkan kemamapuan mememcahkan masalah secara rasional, mengembangkan sikap sosial dan semangat gotong royong dalam kehidupan, mendinamiskan kegiatan kelompok dalam belajar sehingga tiap anggota merasa dirinya sebagai bagian kelompok yang bertanggungjawab, mengembangkan kemamampuan kepemimipinanan keterampilan pada setiap anggota kelompok dalam pemecahan masalah kelompok.
2.      Peserta didik dalam pembelajaran ini memiliki ciri-ciri:
a.       Setiap peserta didik merasa sadar diri memiliki anggota kelompok
b.      Setiap peserta didik sadar diri memiliki tujuan bersama berupa tujuan kelompok
c.       Memiliki rasa saling membutuhkan dan tergantung
d.      Interaksi dan komunikasi antar anggota
e.       Ada tindakan bersama sebagai perwujudan tanggung jawab kelompok
3.      Pendidik berperan dalam pembentukan kelompok, perencanaan tugas kelompok, pelaksanaan, dan tahap evaluasi hasil belajar kelompok. Dalam tahap pembentukan kelompok dipertimbangkan antara lain tujuan yang akan diperoleh peserta didik dalam kelompok (latihan gotong royong, peningkatan kecepatan dan ketepatan kerja, dan lain-lain), latar belakang pengalaman peserta didik/pusat perhatian peserta didik. Dalam tahap perencanaan tugas kelompok, pendidik memperhatikan jenis tugas yang akan diberikan apakah tugas paralel ataukah tugas komplementer. Tugas paralel artinya semua kelompok mendapat tugas yang sama, tugas komplementer artinya kelompok saling melengkapi pemecahan masalah. Dalam tahap pelaksanaan mengajar guru berperan antara lain pemberi informasi umum tentang proses belajar kelompok, guru sebagai fasilitator pembimbing dan pengendali ketertiban kelompok.

D.    ImplementasiMetode Tutorial dalamPembelajaran Non Formal
Metodetutorial ini diberikan dengan bantuan tutor. Setelah wargabelajar diberikan bahan ajar, kemudian wargabelajar diminta untuk mempelajari bahan ajar tersebut. Pada bagian yang dirasakan sulit, wargabelajar dapat bertanya pada tutor.Metode ini sangat cocok diterapkan dalam model pembelajaran mandiri seperti pada pembelajaran jarak jauh di mana siswa terlebih dahulu diberi modul untuk dipelajari. Contohnya adalah dalam belajar dan mengajar untuk  Universitas Terbuka. (2) Kursus Mengemudi. (3) Hafalan surat-surat pendek dalam TPQ




BAB III
PENUTUP


A.    Simpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat kami simpulkan, bahwa untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional sebagai seorang pendidik yakni melaksanakan pembelajaran sesusai dengan kompetensi dan karakteristik siswa, seorang pendidik dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangka metode. Terutama metode pembelajaran tutorial yang akan dipakai dalam pembelajaran kelas sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan.

B.     Saran
Saran kami kepada pendidik agar lebih mengutamakan metode tutorial yang sesuaidenganbahan ajar, penyesuaian tutorial padaanakakanmenjadisalahsatuindikatoruntukkeberhasilan tutor dalammembelajarkan,karenaapa yang akan dipakai kepada peserta didikadalah subjek pendidikan. Agar nantinya tujuan dari pembelajaran itu dapat tercapai.




BAB IV
DAFATAR PUSTAKA

Asmah, Siti. 2005. Metode Dan Teknik Pembelajaran Orang Dewasa. Malang: Elang Mas
Gintings, Abdurarakhman. 2008. Belajar Dan Pemebelajaran. Bandung: Humaniora.
KBBI. 2016. Tutorial. Versi1.9.  (Online) (http://kbbi.web.id/tutorial) 14 Februari 2016
Moedzakir, Djauzi. 2010. Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: Um Press
Saripun, Wahyu. 2015. Metode pembelajaran. (Online) (http://www.academia.edu/7394541/Makalah_METODE_PEMBELAJARAN) 13 Februari 2016
Wina, Sanjaya. 2010. Kurikulum Dan Pemebelajaran. Jakarta: Kencana prenada Media Group.
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...