Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

LAPORAN OBSERVASI: HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI)



Pada kesempatan kali ini tepatnya pada hari minggu, 31 Januari 2015 kami melakukan wawancara langsung dengan ketua umum HMI yang ada dikampus UM ini, kebetulan komisariat yang kita kunjungi adalah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM di jalan sumbersari. Beliau bernama Muhammad Syukur dari Jurusan Fisika tahun 2012.
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan ekstra universitas yang tertua di Indonesia dimana orientasi kegiatanya terfokus pada terbinanya insan akademis, pencipta,pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab terhadap terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah swt.Sekilas mengenai sejarah HMI lahir di Jogyakarta pada tanggal 13Rabiul Awal 1336 Hijriah bertepatan dengan tanggal 05 Februari 1947 Masehi, pendirinya adalah Lafran Pane (Guru Besar UII jogjakarta). Tujuan di dirikan HMI ini adalah terbinanya Insan Akademik, Pencipta, Pengabdi yang bernafaskan Islam Dan bertanggung Jawab atas terwujudnya masyarakat Adil dan Makmur yang diridhoi oleh Allah swt. Misi dalam HMI ini adalah Membina pribadi mehsiswa muslim untuk mancapai akhlakul karimah, Mengembangkan potensi kretif, keilmuan, sosial dan budaya, Memajukan kehidupan umat islam daklam beragama, berkepribadian bermasyarakat dan bernegara.
Adapun pengurus dari HMI ini terbagi dari beberapa bagian dari yang pertama adalah Pengurus Besar (PB) tingkatannya adalah nasional, kemudian sampai turun ke jenjang yang paling bawah adalah tingkat Perguruan Tinggi (PT) yang terdapat dalam Universitas-unviversitas yang ada di seluruh indonesia. Tokoh HMI yang malang melintang di dunia politik seperti yang kita ketahui ada Jusuf kalla (wakil presiden RI sekarang ini), Akbar Tanjung (Mantan MPR/DPR RI), Anas Urbaningrum (Mantan Ketum Demokrat), dll. Adapun keanggotaan dalam HMI adalah (1) Anggota Muda; anggota HMI yang masih dalam tahap pengenalan, (2) Anggota Biasa; Anggota HMI yang sudah lulus diklat, (3) Anggota Alumni; anggota HMI yang sudah lulus S1 dua tahun, (4) Anggota Kehormatan; anggota HMI yang memiliki kontribusi banyak dan berpengaruh di HMI.
Komisariat HMI FMIPA UM memiliki struktur organisasi seperti Ketua, Bendahara Umum, Sekertaris Umum, dan Kepala Bidang dari Divisi Internal; P3A, KPP, PP. Kepala Bidang Divisi Eksternal; PTKP. Keanggotaannya mulai dari angkatan 2015-2011 kurang lebih ada 350 mahasiswa. Adapun program kerja dan agenda rutin yang ada dalam HMI diantaranya latihan dasar kepemimpinan (LDK) yaitu pengkaderan anggota HMI, Kajian-kajian; keislaman, keorganisasian, intelektual, dan kebangsaan, Seminar Kewirausahaan. Hambatan atau permasalahan yang terjadi dalam HMI biasanya saat ada pertemuan yang hadir kadang sedikit, kurangnya penyampaian informasi yang menyeluruh. Dalam kajian mahasiswa yang mengikuti kajian sedikit. Dampak sosialpun kadang teman-teman yang mempunyai golongan dengan yang netral biasaanya ada kesenjangan, mereka menganggap HMI adalah organisasi yang tidak baik atau bertentangan dengan paham yang mereka percayai sebelumnya. Namun baik secara kualitas maupun kuantitas, tahun demi tahun HMI memperlihatkan perkembanganya, jumlah seluruh cabang HMI tersebar ke seluruh pelosok nusantara yaitu sebanyak 105 cabang.
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan manusia menyeluruh kepada ma’ruf mencegah kepada munkar dan beriman kepada Allah (Q.S Ali Imran 3:110)
Gambar 1: Foto Kelompok V Observasi

Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...