Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Rancangan Kegiatan Pelatihan Menghafal Alquran TQT

RANCANGAN PELATIHAN
PELATIHAN MENGHAFAL AL QURAN
DENGAN METODE TANFIDZ QUR’AN TEMATIK (TQT)

Pengetahuan dan teknologi menjadi garda depan yang harus diprioritaskan dalam era globalisasi. Hal ini memberikan banyak peluang bagi masyarakat untuk mengakses banyak informasi dengan mudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik orang tua, guru, maupun anak-anak. Keberagaman dan kemudahan dalam pengoperasian teknologi hendaknya menjadi perhatian penting bagi orang tua dan guru agar tepat dalam pemanfaatannya. Mengingat perkembangat teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat sedikit terlena untuk memperhatikan anakanaknya untuk memenuhi perkembangan dengan berbagai ilmu pengetahuan yang mudah diakses. Keberadaan teknologi yang ada saat ini sangat membantu dalam proses pengoptimalan tugas perkembangan anak di beberapa aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dalam hal ini, pemenuhan tugas perkembang dapat dipenuhi dengan membekali anak untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang immposible atau mustahil, dan merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Disisilain, sebagaian masyarakat belum mampu untuk membekali anak-anaknya unuk belajar menghafal Al-qur’an karena dirasa menghafal Al-Qur’an merupakan PR yang berat.
Ada banyak cara untuk meningkatkan hafalah Al-Qur’an, namun ternyata banyak yang membuat anak bosan karena metode yang digunakan menuntut kesabaran, kerajinan, ketaatan dan disiplin anak. Dalam hal ini perlu adanya metode yang menarik bagi anak yang tidak mengesampingkan peran anak dalam proses belajar menghafal. Metode yang dapat diterapkan adalah metode TQT (Tanfidzh Qur’an Tematik). TQT adalah metode belajar menghafal Al-Qur’an dengan cara mengumpulkan ayat-ayat Al-qur’an berdasarkan tema. TQT menggunakan beberapa pendekatan kecerdasan, diantaranya visual, kinestetik dan auditory yang dapat melatih ketajaman pendengaran anak. Kelebihan dalam metode ini adalah anak belajar dengan happy dan enjoy, yang lebih lekat pada ingatan jangka panjang, mudah faham kandungan makna Al-Qur’an, dialog dan memasukkan pesan-pesan moral, mengenalkan kosa kata bahasa arab sederhana, serta menggugah minat pendidik dan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an.
Dari pelatihan ini, harapan kami sebagai penyelenggara pelatihan ini agar peserta pelatihan mendapatkan metode menghafal dengan mudah dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan gairah dalam mempelajari AlQur’an, menghafalkan Al-Qur’an sampai pada mengamalkan pesan moral yang ada di dalam Al-Qur’an.

 

*UNTUK DAPAT MENGAKSES SECARA FULL DAPAT DILIHAT DISINI...


 
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...