Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

LAPORAN KPL UBAYA TRAINING CENTER (UTC) Trawas, Mojokerto

 LAPORAN KPL UBAYA TRAINING CENTER (UTC)
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

 
 Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah salah satu Program Studi (Prodi) yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Prodi PLS adalah prodi yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan keilmuan PLS, serta menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan luar sekolah yang memiliki kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keunggulan profesional dan akademik, serta mengembangkan layanan kepada masyarakat di bidang PLS.
Salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester tujuh adalah Kajian dan Praktik Lapangan (KPL), yang mana Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa mencakup baik latihan mengajar maupun tugas kependidikan selain mengajar, secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan matakuliah KPL dan pembentukan profesi kependidikan. KPL merupakan bagian penting yang tidak dapat terpisahkan dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh calon sarjana.
KPL merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengajaran dan pengetahuan teoritis dengan praktik. Dengan adanya KPL mahasiswa dapat menerapkan teori yang selama ini telah mereka pelajari kedalam perkuliahan dengan praktik. Karena KPL merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. KPL yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan salah satu wadah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman profesi yang dapat diandalkan. KPL yang dilakukan mahasiswa benar-benar dihadapkan pada kondisi rill atau nyata dalam bidang keilmuan, seperti: kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi, kemampuan manajerial kependidikan lainnya, serta kemampuan yang berhubungan langsung dengan pelatihan sesuai dengan konsentrasi pelatihan pendidikan luar sekolah. Selain untuk memnpraktikkan teori-teori yang didapat dari perkuliahan, dalam KPL ada kegiatan yang  bersifat magang.
Sesuai dengan matakuliah konsentrasi yang diampu mahasiswa PLS pada semester enam lalu yaitu konsentrasi pelatihan, maka sangatlah cocok apabila pada pelaksanaan KPL ini mahasiswa tersebut mempraktikkan teori-teori yang didapat dan melaksanakan magang di Ubaya Trainning Center Trawas Mojokerto. Harapannya mahasiswa memperoleh kesempatan untuk mengikuti serangkaian kegiatan KPL di Ubaya Trainning Center. Ubaya Trainning Center merupakan sebuah lembaga Training Center yang masuk dalam bagian dari Universitas Surabaya (Ubaya), serta merupakan Kampus III Ubaya dengan konsep IOC (integrated outdoor campus). Ubaya Trainning Center terletak di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto dengan luas lebih dari 36 hektar, Ubaya Trainning Center memiliki tujuan untuk menawarkan konsep baru pembelajaran luar ruang berfokus pada alam, pengelolaan dan pemanfaatannya secara efektif dan maksimal. Mahasiswa dapat melakukan outing atau agenda pembelajaran dengan suasana alam yang sesungguhnya. Ubaya Trainning Center juga menawarkan wisata keluarga yang dapat berekreasi, menikmati pemandangan alam sembari belajar tentang alam dan sistem pengolahannya. Fasilitas beberapa aula yang bisa digunakan untuk seminar, dapat menyajikan secara experiential learning (outbound) yang menarik didukung fasilitas dan perlengkapan standar internasional tersertifikasi, serta fasilitator handal bersertifikat. Tak jarang pula pebisnis yang jenuh dengan suasana kota yang ramai dapat melakukan meeting penting dengan suasana alam hijau yang tenang dan sehat.
Tujuan outbound secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna  memberikan proses terapi diri bagi mereka yang berkelainan dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga tercipta saling percaya antar sesama.  Ancok menegaskan dalam bukunya Outbound Management Training (2003) bahwa: “Metode pelatihan di alam terbuka juga digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan.  Adrianus & Yufiarti (2003) menyatakan bahwa metode outbound sangat efektif karena memanfaatkan seluruh potensi dalam diri siswa melalui berbagai aktivitas permainan. Dengan demikian kegiatan outbound ini tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga melibatkan ranah afektif dan konasi”.
Berdasarkan uraian di atas, maka mahasiswa sangat perlu melaksanakan KPL di lembaga maupun instansi. Di dalam lembaga atau instansi tersebut mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan terbaiknya yang akan berguna bagi masa depannya kelak. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang baik akan memudahkan mahasiswa dan instansi tempat mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan lebih cepat dan lebih baik.
Hal tersebut sangat dimungkinkan karena tujuan dari Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) itu merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan calon pendidik, fasilitator, ataupun tenaga ahli lainnya. KPL diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktik lapangan dalam menerapkan teori, pengelolaan kegiatan dalam kehidupan nyata.
Salah satu program yang telah diselenggarakan di Ubaya Trainning Center yakni Outbound dan fun games untuk Dekanat, Dosen, dan Staff Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Kegiatan ini terselengara dalam rangka Rapat Kerja Tahunan Fakultas Ilmu Kesehatan yang dilaksanakan selama dua hari. Outbound dilaksanakan atas permintaan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk meningkatkan kinerja perangkat yang ada di sana, selain itu juga untuk menumbuhkan sikap kerjasama tim dan mempererat tali silaturahmi satu sama lain.
Program outbound dan fun game tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak ataupun pelajar. Salah satunya yakni outbound dan fun game yang dilaksanakan oleh pelajar SMP Nation Star Academy (NSA) sebagai latihan dasar kepempinan pengurus OSIS NSA periode 2016. Agenda tersebut diadakan di Ubaya Trainning Center pada setiap tahunnya untuk membekali diri pengurus OSIS SMP NSA dalam mengemban tugas sebagai pengurus OSIS di sekolah. Sehari sebelum melaksanakan outbound, para pelajar tersebut melaksanakan rapat kerja program yang akan mereka laksanakan selama satu periode ke depan.
...... *untuk lebih lanjut dan mudahnya silahkan klik link di bawah ini untuk mengetahui isi laporan tersebut

terima kasih :) semoga bermanfaat! jangan lupa tinggalkan komentar.
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...