Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

LAPORAN KPL PUSDIKLAT DEPOK



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pesatnya perkembangan dunia menuju Era Globalisasi tidak terlepas dari peranan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana SDM tersebut adalah orang yang memiliki keahlian, keterampilan dan siap pakai dalam bidang kerja tertentu. Untuk menghasilkan SDM yang ahli dan terampil maka pemerintah maupun pihak swasta dalam dan luar negeri berupaya mendidik tenaga-tenaga kerja menjadi SDM yang siap dipakai dibidangnya masing-masing. Skill adalah suatu kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik sehingga tercapai hasil kerja yang diinginkan (Tommy Suprapto : 135), Sehingga keahlian skill merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang untuk memasuki dunia kerja. Keahlian ini tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal saja, tetapi juga dapat diperoleh melalui pendidikan non-formal. Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila seorang lulusan sarjana mempunyai keahlian.
Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah khususnya konsentrasi Manajemen Pelatihan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan perkuliahan yang efektif dan efesien yang langsung belajar dengan praktik di lapangan dengan tujuan membina mahasiswa agar memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidangnya. Kajian Pengalaman Lapangan Pendidikan Luar Sekolah (KPL PLS) adalah salah satu mata Kajian intrakulikuler non-keguruan yang dilaksanakan di dalam dan diluar kampus agar para mahasiswa memperoleh Praktek praktis sesuai dengan latar belakang disiplin ilmu yang dimilikinya di bawah bimbingan Dosen Pembimbing dan Pamong Praktek di lapangan (Pedoman KPL). Sebagai perwujudan dari kegiatan ini, mahasiswa diarahkan melakukan kegiatan belajar sambil bekerja (learning by doing) mengerjakan sesuatu tugas pembelajaran pada satuan PLS dan program Pemberdayaan Masyarakat.
Selain itu, kegiatan KPL bisa disebut kegiatan magang. Magang biasanya menggabungkan antara pelatihan di tempat kerja dengan pengalaman teoritis untuk mempersiapkan peserta memangku jabatan tertentu dimasa yang akan datang (Satrya, Dymas dkk:166). KPL juga sebagai wujud praktik atau pengaplikasian ilmu/teori yang dipelajari selama mengikuti perkuliahan di kelas. Melalui program KPL mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman tentang kegiatan riil dilapangan, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya. Dalam pelaksanaanya, KPL dilakukan secara terperogram, terpadu, dan terbimbing melalui kegiatan magang yang dilakukan di lembaga maupun instans yang menyelenggrakan program dibidang pendidikan dan pelatihan selama jangka waktu tertentu. Sehingga diharapkan dapat belajar dan menimba pengalaman dari praktek nyata tentang pengelolaan pelatihan. Selain kegiatan berlangsung, mahasiswa dibimbing oleh lembaga atau pamong di tempat magang, pimpinan jurusan, dosen pembimbing dan koordinator pelatihan dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.
Adapun salah satu lembaga magang yang relevan dengan konsentrasi  Manajemen Pelatihan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Hal tersebut selaras dengan konsentrasi manajemen pelatihan yang mengajarkan tentang kediklatan dan pelatihan. Diklat merupakan singkatan dari kata Pendidikan dan Pelatihan. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia, melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara perbuatan mendidik (kamus besar Bahasa Indonesia, 2002). Dari pengertian tersebut mahasiswa KPL harus bisa belajar dengan baik tentang diklat terutama pada lembaga Pemerintah, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menaungi tentang kediklatan dan pelatihan, lembaga pemerintah tersebut adalah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud.

B.       Tujuan Kegiatan
Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi dan beragam membuat kegiatan magang menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting. Melalui magang, mahasiswa dapat bekerja secara langsung dibawah bimbingan pelatih atau tenaga kerja lain yang lebih menguasai bidang kerja tertentu. Adapun tujuan magang di  Pusdiklat Pegawai Kemdikbud adalah sebagai berikut:
1.      Untuk memperoleh pengetahuan dari tempat magang dan membandingkan teori-teori yang telah dipelajari dalam perkuliahan dengan realita dunia kerja.
2.      Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh pada perkuliahan kedalam dunia kerja yang sesungguhnya.
3.      Untuk memberikan pengalaman di dalam sebuah lingkungan kerja secara nyata.
4.      Untuk mengembangkan sikap professional yang dibutuhkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

C.    Manfaat Kegiatan
1.      Lembaga Mitra
Terjalinnya kerjasama antara lembaga tempat pelaksanaan KPL dengan Universitas Negeri Malang
2.      Mahasiswa
Manfaat adanya kegiatan KPL bagi mahasiswa:
a.       Mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya dalam bidang pelatihan dan dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan di kampus.
b.      Mempelajari secara langsung pengelolaan pendidikan dan pelatihan, khususnya mengenai tata cara perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, pengawasan dan evaluasi pelatihan, sistem pelaporan kegiatan, pengorganisasian, dan komunikasi organisasional.
c.       Menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian dibidang Pelatihan.
3.      Jurusan PLS
Jurusan dapat mengembangkan program PLS dan menjalin kerjasama dengan lembaga atau instansi tempat pelaksanaan KPL.
4.      Laboratorium PLS
Dengan adanya laporan KPL dapat digunakan sebagai rekomendasi tempat untuk kegiatan KPL pada tahun berikutnya.

D.    Metode Kegiatan
1.      Tempat
Kegiatan KPL ini bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beralamat di Jalan Raya Cinangka Km. 19 Bojongsari, Depok 16517.
2.      Waktu
Waktu KPL dimulai dari tanggal 23 Agustus 2017 sampai 27 Oktober 2017.
3.      Teknik Pengumpulan Data
a.       Dokumentasi
b.      Melakukan praktik kerja langsung
c.       Pengamatan dilapangan
Mengumpulkan data sekunder

*UNTUK MELIHAT LAPORAN KPL VERSI FULLNYA DISINI... 

Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Blog Archive

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...