Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Autobiografi: Sejarah Singkat “Rhama Bintang”


Hai, perkenalkan namaku Ridwan Pratama Nur Hakiki (wiihhh... panjang banget kak namanya, kayak kereta api :D *yaahh... setidaknya seperti itulah komentar teman-temanku setiap kali aku perkenalan). Jika aku telusuri artinya; Ridwan itu malaikat penjaga syurga, tapi itu arti yang familier, di balik nama Ridwan itu jika aku tanya ke ibuku terselip gabungan nama kedua orang tuaku RID itu RinDu, dan WAN itu Iwan, iya.. itu nama panggilan kedua orang tuaku, Rindu dan Iwan jadilah Ridwan *Hihii gak nyangka, mereka bisa-bisa aja ya mikir nama sampe kayak gitu. Kalo kata anak jaman sekarang sih alay :D .Namun lain lagi kalau kata ayahku ada nabi yang tidak masuk dalam 25 nabi dan rosul itu nabi Ridwan namanya, nabi yang lembut dan pengasih. Berharap sih Ridwan ini nanti jadi orang yang lembut dan pengasuh #Eh pengasih maksudnya. Aamiin...

Next, lanjut ke kata yang kedua yaitu Pratama so, pasti bisa ditebak apa artinya? Yups... pratama? Aku anak pertama dari buah hati Sujatmanto Setiawan dan Rindu Ika Sulastri. Nur itu artinya cahaya atau sinar, dan Hakiki itu benar atau yang sebenarnya, bisa juga kekal/abadi; orang yang melaksanakan ajaran islam secara sempurna akan mencapai kebahagiaan yang -- di dunia dan akhirat. So, Ridwan Pratama Nur Hakiki artinya adalah anak pertama dari buah hubungan orang tuaku Rindu dan Iwan yang mempunyai jiwa yang lembut dan pengasih yang akan menjadi penerang atau cahaya bagi keluarga atau orang disekitarku yang bisa membimbing mereka ke jalan yang benar sehingga dapat mencapai kebahagiaan yang sebenarnya dalam hidup yaitu bisa masuk surga. Aamiin (waahhhh... mulia banget kak namanya, bagus. Berarti kakak harus bisa menjadi contoh yang baik. Baik dalam keluarga maupun kehidupan bermasyarakat. “Iya, InsyaAllah :)” sehingga dapat menuntun mereka dalam kebaikan dan menuju surga. Aamiin)

Lalu, tepat pada tengah petang pukul 1 setempat aku dilahirkan tepat pada hari sabtu, 22 April 1994 di Ibu kota negara, Jakarta. Ya, berarti umurku sekarang sudah menginjak kepala dua (21 Tahun). Teman-temanku dirumah manggil aku Kiki tetapi kalau keluargaku Haki, itu panggilan akrabku dalam keluarga “Hakiki”. Tetapi aneh ketika aku menginjak umur 13 tahun saat aku duduk di bangku sekolah menengah pertama dulu, nama panggilanku berubah menjadi Ridwan. Baik teman-temanku maupun bapak ibu guruku mnggil aku dengan sebutan Ridwan. Tetapi, aku suka di panggil Ridwan, terlihat kental sekali unsur islaminya, jadi jika bertemu dengan orang yang berbeda agama dengan mendengar namaku saja mereka sudah tahu kalau aku itu muslim yang artinya penjaga surga. Iya, penjaga surga. “Penjaga surga?” tunggu tunggu, kalau aku gali secara implisit sih surga itu ibarat rumah dan penjaganya dalam rumah itu biasanya hansip? Kalau bukan hansip ya satpam namanya? Iya juga ya... berarti aku ini hansip donk.. satpam yang menjaga surga dari orang-orang jahat yang mau menyelinap masuk di dalamnya. *hahaa... #Gubrakkk!!!

Iya, jadi si hansip ini #Eh maksudnya Kiki ini pas waktu SMP dulu di panggil Ridwan. Namun semua itu berubah ketika negara api menyerang #Eh maksudku SMA. Namaku berubah menjadi “Rhama Bintang” #Nahlo *Kok bisa kak?

Iya, jadi ceritanya dulu pas waktu aku masih awal masuk sekolah di salah satu sekolah swasta yang ada di kotaku, pas waktu MOS (Masa Orientasi Siswa) id cardku ku tulis “RAMA” namanya. Itu singkatan dari Ridwan Pratama. Awalnya sih pertama aku makek nama itu serasa asing ditelinga bahkan aku masih ingat dulu pas ada temenku yang manggil namaku dengan sebutan Rama, “Ram… Rama” aku biasa saja tidak ada respon lupa kalo itu namaku sampe temen sebangkuku bilang, eh kamu di panggil tuh. Ah, masak iya? Pas aku toleh iya. MasyaAllah… lupa kalo itu namaku :D. Sejak saat itu aku mulai mengingat namaku dan mulai terbiasa dan karena aku suka sama yang namanya bintang, akhirnya terciptalah nama “Rhama Bintang” dalam akun Facebookku, Media jejaring sosial pertama yang aku punya dan sejak saat itu saya terkenal dengan panggilan Rama di SMA, Sampai-sampai kalo temen yang bukan satu kelas denganku mereka tidak akan pernah tau siapa itu Ridwan Pratama Nur Hakiki? padahal itu nama asliku. Mereka ngiranya ya Rhama Bintang itu sudah nama panggilan dan nama lengkapku :D

2 tahun berkelana di dunia kerja, kini saya kembali sekolah lagi di salah satu perguruan tinggi negeri di kota malang. masa yang dulunya dibuat bersenang-senang dan bermain kini sudah mulai dibuat untuk berfikir kedepan, memulai untuk menata kehidupan yang jauh lebih baik lagi dan berguna untuk orang lain. memaknai setiap kejadian dalam hidup dan menjadikannya kekuatan untuk selalu dekat denganNya. Sabar, berlapang dada, dan selalu bersyukur atas segala nikmatNya. Aku rasa hari ini aku mulai berlari mengejar teman-temanku. 2 tahun waktu yang kubuang percuma ingin aku tebus dengan sebuah keberhasilan. "kerja keras dan pencapaian yang maksimal." Ya, mimpi! Aku punya mimpi. setidaknya hal itulah yang selalu membuatku semangat dalam berlari. walau aku tahu ini tak mudah jika kita bersungguh-sungguh pasti bisa. 

Terimakasih untuk ibuku, yang selalu suport dan percaya padaku, terimakasih juga untuk ayahku yang selalu membimbingku untuk selalu berbuat pada kebaikan dan pantang menyerah, juga adik-adikku yang selalu kusayang dan kucintai. Do'akan aku yang terbaik, semoga dapat berguna bagi keluarga dan masyarakat kelak. sehingga dapat membanggakan dan mengangkat derajat keluarga kita. Aamiin....

Dan hal penutup yang ingin aku bagikan dalam tulisan ini adalah "Allah dulu, Allah lagi, Allah terus". Tulisan yang aku dapat dari teman kuliahku, walau hanya 3 kata tapi sangat dalam maknanya. Semoga tertanam dalam betul dalam hati kita sehingga setiap urusan yang ada di dunia dan akhirat selalu di mudahkan olehNya.



Salam sukses mulia!!!
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...