Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Filsafat Pendidikan Luar Sekolah

BIODATAKU

Mata Kuliah    : Filsafat Pendidikan Luar Sekolah
Dosen              : Zulkarnaen Nasution

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh….

Perkenalkan, Saya putra desa dari Dusun Krajan Desa Cakru Rt. 001 Rw. 005 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember (Kota yang memang “Jembar” kata orang jawanya, tetapi memang Jember itu jembar kotanya, kurang lebih butuh 1 jam-an saya kalau mau ke kota, Capeknya!). Saya anak pertama dari 3 saudara, dari hasil buah cinta Sujatmanto dengan Sulastri, My name is Ridwan Pratama Nur Hakiki. Lahir di Ibu kota Negara 20 tahun silam (kata orang sih cuman numpang lahir saja disana, soalnya hampir seumur hidup saya dibesarkan di desa) tepatnya pada tanggal 22 April 1994 ibu saya melahirkan saya pada dini hari waktu setempat (1 Hari setelah peringatan hari Kartini).

Perjalanan pendidikan formal saya dimulai pada tahun 2000, masuk di Madrasah Ibtidaiyah Assuniyah 45 Paseban, desa Paseban, di pelosok desa dekat pantai, kecamatan Kencong. Dan Lulus pada tahun 2006 di SD Negeri Cakru 01 (pada saat itu kami sekeluarga pindah rumah, Alhamdulillah karena orang tua saya baru bisa punya rumah karna sebelumnya hidup kami hanya ikut saudara dan ngontrak. otomatis sekolah saya juga ikut pindah pada saat umur saya 8 tahun, kelas 3 sekolah dasar). Kemudian, Setelah lulus dari SD saya melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah di SMP Muhammadiyah 08 Cakru pada tahun 2006 sampai 2009, lalu setelah lulus dari SMP saya melanjutkan sekolah ke kecamatan, daerah yang lumayan ramai dengan kendaraan dan masyarakatnya, yakni SMK Ma’arif NU Kencong dan saya mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada tahun 2009 sampai lulus, pada tahun 2012.

Pengalaman organisasi dan prestasi saya selama 12 tahun duduk di pangkuan bapak dan ibu guru di bangku sekolah adalah pernah menjabat sebagai anggota dan ketua sie. Keorganisasian OSIS, Anggota PMR, IRM, dan Pramuka. Prestasi yang pernah saya raih, juara 3 lomba karaoke tingkat kecamatan, dan masuk 15 besar Olimpiade MIPA se-Kecamatan Kencong.

2 tahun berlalu semenjak lulus dari sekolah saya habiskan waktu saya untuk bekerja. Karena tekad kuat saya yang ingin melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi lagi itulah yang membawa saya saat ini berada disini, duduk di tengah-tengah orang yang terpilih dan hebat-hebat serta di universitas yang luar biasa pula. Alasan saya mengambil jurusan Pendidikan Luar Sekolah adalah yang pertama ‘Tidak’, saya katakan tidak disini adalah saya tidak salah masuk jurusan di PLS ini, meskipun saya sebenarnya lulusan dari sekolah TI tetapi saya berkeinginan ingin menjadi seorang pendidik, karena tujuan utama saya masuk kuliah adalah untuk mencari ilmu dan ilmu yang saya dapat ingin sekali bermanfaat untuk orang lain, Aamiin. Kedua, setelah saya cari tahu dan mengumpulkan informasi serta dapat masukan-masukan dan saran dari orang lain baik teman maupun orang sekitar. Pendidikan Luar Sekolah ini menarik, menurut saya sebuah dunia baru yang membuat saya membuka mata dan sadar bahwa diluar sana masih banyak orang-orang yang membutuhkan pendidikan, tidak mesti dan harus dalam dunia pendidikan itu di tempuh dari pendidikan formal, karena pendidikan non formal disini lebih mengacu dan mewadahi orang-orang yang mempunyai keterbatasan menempuh pendidikan formal (misalnya, tidak lulus SD, SMP, ataupun SMA sehingga harus ikut kejar paket A, B, ataupun C), ataupun ingin mengembangkan potensi diri dari peserta didik. tentang pemberdayaan masyarakat, peningkatan mutu dan kesejahteraan rakyat, lembaga kursus dan pelatiahan seperti Primagama dan BLK, dll yang sifatnya sosial dan pemberdayaan serta pengembangan potensi diri. dan alasan yang terakhir adalah, Grade dari PLS ini rendah, peminatnya jarang bahkan banyak orang yang belum tahu tentang jurusan ini jadi saya semakin mantap dan yakin pada PLS, positif thinking saja karena tujuan saya baik niat saya juga baik pasti Allah akan selalu memberikan jalan yang terbaik pada umatnya yang yakin dan percaya. dan akhirnya pada saat pengumuman jalur Mandiri tiba, tanggal 21 Juli 2014 kemarin, Alkhamdulillah saya Lulus dan di terima sebagai mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan S1 Pendidikan Luar Sekolah. *Sujud Syukur

Motto: Berfikir dan Bertindak, Menggapai ilmu menuju Rahmat. Semangat!!!
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...