NAMA :RIDWAN
PRATAMA NH
NIM : 140141605916
KELAS : PLS-C 2014
|
TUGAS
ULANGAN TENGAH SEMESTER
MEMBUAT JENIS RANCANGAN TEMA/JUDUL PENELITIAN KUALITATIF
|
1.
Fenomenologi: Fenomenologi
tidak berasumsi bahwa peneliti mengetahui arti sesuatu bagi orang-orang yang
sedang diteliti oleh mereka. Inkuiri fenomenologis memulai dengan diam. Diam
merupakan tindakan untuk menangkap pengertian sesuatu yang sedang diteliti. Mereka
berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual para subjek yang ditelitinya
sedemikian rupa sehingga mereka mengerti apa dan bagaimana suatu pengertian
yang dikembangkan oleh mereka di sekitar peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi adalah Pola Belajar
Mahasiswa Tipe Organisatoris Dengan Yang Hanya Kuliah – Pulang Dalam Proses
Belajar Di Dalam Kelas Dan Menghadapi Ujian Akhir Semester.
2. Studi kasus: Mengembangkan
sebuah analisis mendalam dari sebuah kasus yang tunggal atau ganda. Studi/kajian mendalam terhadap kasus atau
kasus-kasus. Biasa digunakan dalam ilmu politik, sosiologi, evaluasi, studi
masyarakat urban, dan ilmu sosial lainnya. Pendekatan untuk mempelajari,
menerangkan, atau menginterpretasi suatu kasus dalam konteksnya yang alamiah
tanpa intervensi pihak luar. Tren studi kasus ialah menyoroti sutau keputusan
atau seperangkat keputusan, mengapa keputusan itu diambil, bagaimana ia
diterapkan, dan apa hasilnya (Yin, 1981). Studi kasus berlaku apabila suatu
pertanyaan bagaimana (how) dan mengapa (why) diajukan terhadap seperangkat
peristiwa masa kini yang mustahil atau setidaknya sulit dikontrol.
Contoh
tema penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus adalah Pentingnya Evaluasi
Belajar Di Program Kesetaraan PKBM Zamzam Guna Meningkatkan Semangat Belajar
Warga Belajar.
3. Etnografi : Etnografi adalah metode penelitian berdasarkan pengamatan terhadap
sekelompok orang dengan lingkungan yang alamiah ketimbang penelitian yang
menekankan latar formalitas. Biasanya penelitian ini mengkaji kebudayaan dalam
masyarakat yang merupakan konstruksi peneliti dari pelbagai informasi yang
diperoleh di lapangan. Dalam konteks
kebudayaan ini yang tergambar adalah tingkah laku sosial masyarakat yang
dilihat sebagaimana adanya.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi
adalah Persepsi Masyarakat Desa 3T
dengan Wajib Belajar 9 Tahun.
4. Bibiografi : Penelitian biografi
merupakan penelitian mengenai kehidupan seseorang dan pengalamannya yang
dianggap penting dan bermanfaat bagi masyarakat umum maupun komunitas tertentu
yang dituliskan kembali dengan mengumpulkan dokumen, arsip-arsip, keterangan
dari orang yang ditulis biografinya maupun keterangan dari orang lain yang
mengetahui tentang orang yang ditulis. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap
epipani yaitu pengalaman menarik yang sangat mempengaruhi atau mengubah hidup
seseorang. Data yang diperoleh diinterpretasi oleh si peneliti seolah-olah
peneliti sedang menuliskan pengalaman dirinya sendiri.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan
pendekatan bibiografi adalah Kisah
Perjalanan Sekolah Garasi bersama Kentar Budhojo.
5. Grounded : Ungkapan Grounded Theory merujuk
pada teori yang dibangun secara induktif dari satu kumpulan data. Bila
dilakukan dengan baik, maka teori yang dihasilkan akan sangat sesuai dengan
kumpulan data tadi.
Menurut
Glasser and Strauss:
·
Metode ini baik digunakan bila peneliti
ingin membangun teori, baik teori substanstif maupun teori formal dalam
seperangkat kode-kode maupun dalam diskusi teoritis .
·
Metode GT merupakan pilihan apabila
bidang yang diteliti mempunyai variabel dependen yang sensitif, seperti bidan
kesehatan, bisnis, manajemen dan pendidikan.
Contoh
tema penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded adalah Strategi Tutor dalam Membangun Karakter
Warga Belajar di PKBM Zamzam Kota Malang.
No comments:
Post a Comment