Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

RANCANGAN JUDUL PENELITIAN KUALITATIF



NAMA           :RIDWAN PRATAMA NH
NIM                : 140141605916
KELAS          : PLS-C 2014
TUGAS
ULANGAN TENGAH SEMESTER
MEMBUAT JENIS RANCANGAN TEMA/JUDUL PENELITIAN  KUALITATIF

1.      Fenomenologi:  Fenomenologi tidak berasumsi bahwa peneliti mengetahui arti sesuatu bagi orang-orang yang sedang diteliti oleh mereka. Inkuiri fenomenologis memulai dengan diam. Diam merupakan tindakan untuk menangkap pengertian sesuatu yang sedang diteliti. Mereka berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual para subjek yang ditelitinya sedemikian rupa sehingga mereka mengerti apa dan bagaimana suatu pengertian yang dikembangkan oleh mereka di sekitar peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi adalah Pola Belajar Mahasiswa Tipe Organisatoris Dengan Yang Hanya Kuliah – Pulang Dalam Proses Belajar Di Dalam Kelas Dan Menghadapi Ujian Akhir Semester.

2.      Studi kasus: Mengembangkan sebuah analisis mendalam dari sebuah kasus yang tunggal atau ganda. Studi/kajian mendalam terhadap kasus atau kasus-kasus. Biasa digunakan dalam ilmu politik, sosiologi, evaluasi, studi masyarakat urban, dan ilmu sosial lainnya. Pendekatan untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasi suatu kasus dalam konteksnya yang alamiah tanpa intervensi pihak luar. Tren studi kasus ialah menyoroti sutau keputusan atau seperangkat keputusan, mengapa keputusan itu diambil, bagaimana ia diterapkan, dan apa hasilnya (Yin, 1981). Studi kasus berlaku apabila suatu pertanyaan bagaimana (how) dan mengapa (why) diajukan terhadap seperangkat peristiwa masa kini yang mustahil atau setidaknya sulit dikontrol.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus adalah Pentingnya Evaluasi Belajar Di Program Kesetaraan PKBM Zamzam Guna Meningkatkan Semangat Belajar Warga Belajar.

3.      Etnografi : Etnografi adalah metode penelitian berdasarkan pengamatan terhadap sekelompok orang dengan lingkungan yang alamiah ketimbang penelitian yang menekankan latar formalitas. Biasanya penelitian ini mengkaji kebudayaan dalam masyarakat yang merupakan konstruksi peneliti dari pelbagai informasi yang diperoleh di lapangan.  Dalam konteks kebudayaan ini yang tergambar adalah tingkah laku sosial masyarakat yang dilihat sebagaimana adanya.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi adalah Persepsi Masyarakat Desa 3T dengan Wajib Belajar 9 Tahun.

4.      Bibiografi : Penelitian biografi merupakan penelitian mengenai kehidupan seseorang dan pengalamannya yang dianggap penting dan bermanfaat bagi masyarakat umum maupun komunitas tertentu yang dituliskan kembali dengan mengumpulkan dokumen, arsip-arsip, keterangan dari orang yang ditulis biografinya maupun keterangan dari orang lain yang mengetahui tentang orang yang ditulis. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap epipani yaitu pengalaman menarik yang sangat mempengaruhi atau mengubah hidup seseorang. Data yang diperoleh diinterpretasi oleh si peneliti seolah-olah peneliti sedang menuliskan pengalaman dirinya sendiri.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan bibiografi adalah Kisah Perjalanan Sekolah Garasi bersama Kentar Budhojo.

5.      Grounded : Ungkapan Grounded Theory merujuk pada teori yang dibangun secara induktif dari satu kumpulan data. Bila dilakukan dengan baik, maka teori yang dihasilkan akan sangat sesuai dengan kumpulan data tadi.
Menurut Glasser and Strauss:
·        Metode ini baik digunakan bila peneliti ingin membangun teori, baik teori substanstif maupun teori formal dalam seperangkat kode-kode maupun dalam diskusi teoritis .
·        Metode GT merupakan pilihan apabila bidang yang diteliti mempunyai variabel dependen yang sensitif, seperti bidan kesehatan, bisnis, manajemen dan pendidikan.
Contoh tema penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded adalah Strategi Tutor dalam Membangun Karakter Warga Belajar di PKBM Zamzam Kota Malang.
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...