Sahabat pena mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

ANALISIS SKRIPSI KUALITATIF PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KADER MUBALIGH MUHAMMDIYAH



Judul Skripsi           :PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KADER MUBALIGH MUHAMMDIYAH (Studi Kasus Proses Pembelajaran Bagi Kader Mubaligh Muhammadiyah Oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang)
Nama Penulis             : Rino Hayyu Setyo
Jurusan                      : Pendidikan Luar Sekolah



PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KADER MUBALIGH MUHAMMDIYAH (Studi Kasus Proses Pembelajaran Bagi Kader Mubaligh Muhammadiyah Oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang)
Di analisis untuk memenuhi tugas matakuliah
Metode Penelitian Kualitatif
Oleh:
Ridwan Pratama Nur Hakiki
(140141605916)

HASIL ANALISIS
Pada Bab I, terdapat penambahan sub bab yaitu tujuan penulisan dan tidak adanya landasan teori yang mana landasan teori dalam skripsi ini dijadikan Bab II. Berikut ini isi dari tiap sub bab.
1.      Konteks penelitian
Konteksnya penelitian skripsi ini mengenai program pendidikan dan pelatihan kader mubaligh muhammadiyah yang diselenggarakan oleh pimpinan daerah muhammadiyah kota malang. Layanan pendidikan dari muhammadiyah yaitu dalam bentuk penyaluran alumni kepada masyarakat (mencetak kader da’i bagi umat)
2.      Rumusan masalah/fokus penelitian
Fokus dari penelitian skripsi ini mencakup beberapa pertanyaan yaitu
a.       Bagaimana profil Corps Mubaligh Muhammadiyah (CMM) yang dibina oleh Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammdiyah kota Malang
b.      Bagaimana proses pembelajaran pendidikan dan pelatihan kader Mubaligh Muahmmadiyah Malang yang dilakukan oleh oleh Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kota Malang
c.       Apa saja kendala melaksanakan kegiatan  pembelajaran pendidikan dan pelatihan kader Mubaligh Muahmmadiyah Malang yang dilakukan oleh Oleh Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kota Malang
3.      Tujuan
Tujuan di dalam skripsi ini meliputi mendiskripsikan profil Corps Mubaligh Muhammadiyah (CMM), mengetahui dan mendikripsikan proses pembelajaran, dan mengetahui kendala apa saja yan tengah terjadi untuk penyelengaraan program pendidikan dan pelatihan kader Mubaligh Muahmmadiyah Malang.
4.      Kegunaan
Keguanaan dalam skripsi ini yaitu ditujuakan bagi beberapa pihak yaitu bagi organisasi muhammadiyah sendiri, bagi jurusan PLS, dan bagi Masyarakat.
Pada Bab II, semua sub bab ada dan sesuai dengan penulisan skripsi. Berikut ini isi dari tiap-tiap sub bab.
1.      Pendekatan dan jenis penelitian
Pada subbab ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, alasan penulis menggunakan pendekatan kualitatif karena merupakan sebuah pendekatan dalam setting alamiah, menggunakan analisis mendalam, dan berfokus pada makna menurut prespektif partisipan. Jenis penelitiannya adalah studi kasus karean peneliti mendeskripsikan sebuah sisitem yang tebatas dari sebuah ataupun beberapa kasusu melalui pengumpulan data yang rinci, mendalam, dan mencakup multi sumber informasi.
2.      Kehadiran peneliti
Berdasarkan skripsi tersebut bahawa peneliti datang langsung dengan melaksanakan peran sosial interaktif sebab peneliti berada dalam fenomena yang dikajinya dan peneliti juga merupakan aktivis dalam salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
3.      Lokasi penelitian
Penelitian dilaksanakan di sebuah lembaga organisasi masyarakat di Malang, Muhammadiyah yang lebih tepatnya yaitu di kantor Pimpinan Derah Muhammadiyah Kota Malang yang berada di alamat Jalan Gajayana no 28b Kota Malang telp. (0341) 567322.
4.      Sumber data
Sumber data atau informasi di dapat dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah yakni Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kader Mubaligh Muhammadiyah. Data tersebut beruapa data hasil wawancara, observasi dan studi dokumen. Subjek penelitian antara lain adalah Ir. H. Agus Purwadyo selaku Pembina Majelis Tabligh, Drs. Srojuddin, A.ma selaku Ketua Majelis Tabligh Muhammadiyah, dan perseta program pelatihan.
5.      Prosedur pengumpulan data
Prosedur pengumpulan data oleh peneliti yaitu obeservasi  langsung yang dilakukan untuk mengamati fenomena yang ada. Selajutnya wawancara bertatap muka dan studi dokumentasi.
6.      Analisis data
Analisis studi kasus yang dilakukan oleh peneliti yakni mengumpulkan berbagai contoh lain tentang pelaksanaan pelAtihan sebgai kegiatan PLS yaitu pendidikan dan pelatihan kader mubaligh muhammadiyah yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Kota Malang. Selanjutnya peneliti memilih satu contoh tunggal untuk memusatkan pengumpulan data dan menemukan makna dibalik kasus penyelengaraan pelatihan. berikutnya peneliti menetapkan pola dan mencari kesesuaian anatara ketegori yang dikaji. Ketegeri yang ditentukan peneliti adalah penyelengaraan PLS oleh lembaga pendidikan atau satuan PLS dan kategori penyelengara peltihan sebgai kegiatan PLS oleh beberapa Pimpinan Muhammadiyah dan di Kota Malang. Terakhir, peneliti mengembangkan generalisasi dari nalaisis data berupa penyusunan kesimpulan tentang data penelitian.
7.      Pengecekan data
Pada pengecekan data peneliti menggunakan triangulasi  yakni triangulasi metode (wawncara dan observasi), triangulasi sumber (pemeriksaan melalui sumber lain), triangulasi waktu dan triangulasi teknik.
8.      Tahap-tahap penelitian
Tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap persiapan (pra-lapangan) berisi tentang penelitian awal/observasi. Kemudian dilanjutkan dengan kajian pustaka. Setelah itu peneliti menyusun rancangan penelitian (proposal). Berikutnya pengamatan ke lapangan, mempersiapkan apa dan bagaimana unutk pengumpulan data. Terakhir tahap pekerjaan dilapangan (eksplorasi awal, eksplorasi menddalam, mengecek dan mengkonfirmasi hasil penelitian. 
Share:

No comments:

Postingan Populer

Labels

Halaman Diunggulkan

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA

LULUSAN PLS PENGANGGURAN? MITOS ATAU FAKTA Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para lulusan perguruan tinggi me...